Rekomendasi Tempat Makan di Bojonegoro yang Wajib Kamu Coba

by -158 Views
Warung Sincin Sego Buwuhan

Bojonegoro, sebuah kota di Jawa Timur, tidak hanya terkenal dengan pesona alam dan budayanya, tetapi juga dengan kelezatan kuliner tradisionalnya. Jika kamu sedang merencanakan perjalanan ke Bojonegoro atau hanya sekadar melintas, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai hidangan lezat yang ditawarkan kota ini. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa tempat makan terbaik di Bojonegoro yang wajib kamu coba.

Kuliner Khas Bojonegoro

1. Ledre

Ledre adalah kue tradisional khas Bojonegoro yang memiliki bentuk unik, menyerupai semprong atau emping gulung. Kue ini terbuat dari tepung beras dan kelapa parut yang dicampur dengan gula merah. Rasanya yang renyah di luar namun lembut di dalam membuat Ledre menjadi camilan favorit di Bojonegoro.

2. Sego Mawut

Sego Mawut adalah hidangan nasi campur khas Bojonegoro yang terdiri dari nasi putih yang dicampur dengan berbagai lauk pauk seperti ayam suwir, telur dadar, tempe, tahu, dan sayuran. Hidangan ini disajikan dengan kuah kental yang kaya rempah, memberikan cita rasa yang lezat dan gurih.

3. Wader Kali

Wader kali adalah olahan ikan kecil yang hidup di air tawar seperti sungai. Di Bojonegoro, wader kali biasanya digoreng hingga garing dan disajikan dengan sambal terasi, menjadikannya camilan yang sempurna untuk menemani waktu santai[5].

Tempat Makan Terbaik di Bojonegoro

1. Lesehan Ikan Bakar Klotok

Jika kamu mencari hidangan ikan bakar yang lezat, Lesehan Ikan Bakar Klotok adalah pilihan yang tepat. Tempat ini terkenal dengan ikan bakarnya yang segar dan bumbu yang kaya rasa. Kamu bisa memilih ikan sesuai selera, seperti nila, mujair, atau lele, yang kemudian dibakar hingga garing. Harga makanan di sini sangat terjangkau, cocok untuk wisatawan dengan anggaran terbatas.

2. Warung Apung Rahmawati

Warung Apung Rahmawati adalah salah satu tempat makan yang terkenal di Bojonegoro. Tempat ini menyajikan berbagai hidangan laut yang segar dan lezat. Menu andalannya termasuk ikan bakar, udang, dan cumi-cumi yang disajikan dengan sambal khas.

3. Adelia Cafe n Resto

Adelia Cafe n Resto menawarkan berbagai hidangan, mulai dari makanan tradisional hingga hidangan internasional. Menu andalannya adalah nasi goreng, sate, dan berbagai macam steak. Tempat ini cocok untuk bersantap bersama keluarga atau teman-teman.

Kuliner Malam Bojonegoro

1. Warung Sumingan Nasgor

Warung Sumingan Nasgor adalah salah satu tempat kuliner malam yang legendaris di Bojonegoro. Tempat ini sudah beroperasi selama puluhan tahun dan terkenal dengan nasi gorengnya yang lezat. Warung ini buka hingga larut malam, cocok untuk kamu yang mencari makanan enak di malam hari.

2. Warung Kikil ‘Mbah Su’ Pacul

Warung Kikil ‘Mbah Su’ Pacul adalah tempat lain yang wajib kamu kunjungi jika mencari kuliner malam di Bojonegoro. Warung ini terkenal dengan kikilnya yang empuk dan bumbu yang meresap sempurna. Tempat ini juga buka hingga larut malam, menjadikannya pilihan yang tepat untuk makan malam.

Wisata Kuliner Bojonegoro

1. Warung Sincin

Warung Sincin adalah tempat yang menyediakan menu sego buwuhan, makanan khas Bojonegoro yang biasanya hanya disajikan saat acara pernikahan. Warung ini didirikan agar pengunjung bisa menikmati sego buwuhan kapan saja tanpa harus menunggu acara khusus. Makanan di Warung Sincin disajikan dengan alas daun jati, menambah cita rasa dan keunikan hidangan.

2. Warung Semok Iwak Gloso

Terletak di tengah hutan jati Bojonegoro, Warung Semok Iwak Gloso adalah hidden gem yang menawarkan menu ikan gloso yang ikonik. Ikan gloso adalah ikan air tawar yang hidup di perairan Waduk Pacal. Warung ini menyajikan ikan gloso dengan sambal kemangi yang lezat, menjadikannya tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta kuliner.

Kesimpulan

Bojonegoro menawarkan berbagai pilihan kuliner yang lezat dan unik. Dari hidangan tradisional seperti Ledre dan Sego Mawut hingga tempat makan malam legendaris seperti Warung Sumingan Nasgor dan Warung Kikil ‘Mbah Su’ Pacul, kota ini memiliki sesuatu untuk semua orang. Jadi, jika kamu berencana mengunjungi Bojonegoro, pastikan untuk mencoba beberapa rekomendasi tempat makan di atas. Selamat menikmati wisata kuliner di Bojonegoro!

No More Posts Available.

No more pages to load.